Kamis, 26 Juli 2012

Pepes Nila Pedas

Ikan Nila enak juga loh dipepes. Kalo ga ada ikan mujair (ikan air tawar kesukaan kami), aku sering masak pepes pake ikan nila. Awalnya cuma coba-coba kebetulan ada resep “Pepes Ikan Mujair” dari Buku Sajian Lezat Olahan Ikan Air Tawar. Aku praktekin menggunakan resep itu, eh..lha kok enak ya. Pepesnya wangi karena ada serehnya. Pokoknya mantap deh.


Resep Aneka Lauk Olahan Ikan Pepes Nila Pedas


Dan kalo dirumah gak ada daun pisang, bisa juga menggunakan aluminium foil. Aku udah pernah nyoba, memang lebih lama si karena setelah dikukus harus dioven dulu sampai ikannya kering, tapi hasilnya sama-sama enak ko..
Terus kalo yang diphoto ini adalah modifikasiku dari resep asli soalnya  bahan-bahannya juga harus disesuaikan dengan yang ada di rumah. Untuk ikannya aku ganti pake ikan nila *dirumah adanya nila* dan banyaknya bumbu disesuaikan jumlah ikannya *aku pake 1 ekor ikan*. 

Pepes Ikan Nila
Dimodifikasi dari buku resep "Sajian Lezat Olahan Ikan Air Tawar "
Bahan: 
1 ekor ikan nila 300 gram 
daun pisang secukupnya 
2 lidi garam secukupnya 
½ buah jeruk nipis, peras airnya 

 Bumbu yang dihaluskan: 
4 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
2 cm jahe 
2 cm lengkuas 
2 cm kunyit, goreng 
3 butir kemiri, goreng 
4 cabai merah keriting
garam secukupnya

Bumbu lain: 
1 cabai merah besar, buang biji, iris 
1 cabe hijau besar, buang biji, iris 
1 batangserai, ambil putihnya, iris tipis 
2 daun bawang iris kasar 

Cara memasak: 

  1. Bersihkan dan cuci ikan nila, rendam dengan air jeruk dan garam selama kurang lebih setengah jam hingga bumbu meresap. Tiriskan 
  2. Campur bumbu halus dengan irisan cabai hijau, cabai merah, serai dan daun bawang. Aduk rata. Lumuri ikan dengan bumbu tersebut, diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit. 
  3. Ambil selembar daun pisang, beri ikan berbumbu lalu bungkus dan semat kedua ujungmya dengan lidi. Kukus pepes hingga matang. Angkat. Panggang di atas teflon.


Oya, ini lho penampakan dari pepes nila yang aku bungkus memakai aluminium foil. Cantik kan.. dan rasanya tetep sama enaknya.
Catatan:
* Apabila resep versiku dirasa kurang pedas bisa ditambahkan lagi cabe besar atau cabe rawit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar