Jumat, 12 Juli 2013

Bestik Daging Sapi

Olahan Daging Sapi, Bistik Daging Sapi, Bestik Daging Sapi, Resep Bistik Jawa

Ada lagi nih masakan yang praktis dan mudah yang bisa dijadikan untuk menu buka puasa dan sahur yaitu bestik daging sapi. Sebenernya resepnya udah pernah diposting disini cuma judulnya bukan bestik daging sapi melainkan bistik jawa. Soalnya kalo menurutku masakan ini  mirip seperti bistik, jadi dinamain aja resepnya dengan bistik jawa alias bistiknya orang jawa, hehe... Biasanya di daerah asalku di Sokaraja, masakan bestik daging sering disajikan di meja prasmanan pada acara hajatan. 
Untuk rasanya Insya Allah enak, kuahnya manis terus ada bau rempah-rempahnya, masaknya juga gampang. Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi ummahat untuk menentukan menu buka puasa ataupun sahur. Selamat mencoba...

Bestik Daging Sapi
Resep Oleh Dewi Rosanti

Bahan:
500 gr daging sapi, iris tipis
air secukupnya
3 buah tomat, potong-potong
3 butir telur
100 gram margarin
6 sdm kecap manis
1 batang sereh, memarkan
3 lembar salam
gula merah secukupnya
garam scukupnya
5 butir cengkeh
1 sdt kayu manis
2 butir kapulaga 
6 siung bawang merah, iris tipis

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
½ sdt merica butiran
5 butir kemiri
sedikit pala
1 butir kapulaga
½ sdt jinten

Cara Memasak: 
  1. Rebus daging sapi sebentar hingga airnya mendidih untuk menghilangkan darah yang masih tersisa pada daging. Angkat dan ambil dagingnya. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bumbu halus hingga harum. Angkat, diamkan sebentar. 
  3. Setelah hangat, masukan daging, tomat, telur, margarin, kecap, gula jawa, garam. Aduk rata pake tangan sambil diremas pelan biar bumbu meresap ke daging. 
  4. Masukan sereh, kapulaga, daun salam, kayu manis dan cengkeh. Kemudian dimasak diatas api sedang. Aduk sesekali. Tambahkan air jika air mulai menyusut. 
  5. Masak hingga dagingnya empuk dan bumbu meresap dengan wajan ditutup agar daging cepat empuk dan diaduk hanya sesekali saja.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar