Minggu, 23 Desember 2012

Cake Ubi Ungu Kismis

Olahan Ubi Ungu, Resep Ubi Ungu, Cake Ubi Ungu Kismis, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega

Menurutku cake ubi ungu ini rasanya enak dan gurih. Ya gurih, karena ada tambahan santan didalam adonannya. Sebenarnya aku membuat cake ini untuk dijadikan muffin soalnya adonannya kental cocok untuk muffin tapi berhubung loyang yang udah siap loyang persegi, akhirnya aku pake itu aja. Dari beberapa kali aku membuat muffin, cake atau bolu dari ubi ungu, hanya ini yang sukses. Yang lainnya gagal xixixi. Tadinya aku ingin membuat muffin ubi ungu tanpa tepung terigu alias pake ubi ungu aja, tapi aku masih belum berhasil. Next time aku coba lagi ya.

Cake Ubi Ungu 
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan: 
200 gr ubi ungu, kukus dan haluskan selagi masih panas 
150 gr tepung terigu protein sedang
80 ml santan (65 santan instan + 15 ml air) 
30 ml minyak goreng 
140 gr gula pasir 
3 butir telur 
sedikit garam 

Untuk Taburan: 
20 gr kismis potong menjadi 2

Cara Membuat: 
  • Campur ubi ungu dengan santan dan minyak goreng. Aduk rata. Sisihkan. 
  • Kocok telur, gula dan garam hingga lembut dan mengembang. 
  • Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Lalu masukkan ubi ungu. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. 
  • Tuang ke dalam loyang persegi yang telah dioles minyak goreng atau margarin dan dialasi dengan kertas roti. 
  • Taburkan kismis diatasnya lalu panggang di oven hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar