Senin, 25 Maret 2013

Bolu Kukus Wortel Tabur Coklat

Olahan Ampas Jus Wortel, Camilan Dari Olahan wortel, Cake Tanpa Oven, Cake Tanpa Margarin Dan Mentega, Cake Dari Tepung Beras, Cake Tanpa Pengembang Tambahan, Bolu Wortel Tepung Beras, Bolu Kukus Wortel Coklat


Kayaknya udah lama ya aku ga buat kue dari tepung beras, jadi kangen neh. Di rumah lagi ada ampas jus wortel (dijus pake juicer), sayang juga kalo harus dibuang terus. Oke deh langsung dikerjain aja. Kali ini aku mau bikin bolu kukus wortel yang atasnya diberi vla rasa jeruk dan diberi taburan coklat parut. Ampas jus wortelnya aku kukus dulu sampai matang dan diblender sebentar dengan minyak goreng biar dapat tekstur yang lebih halus. 
Sebenernya untuk vla nya tergantung selera kalo ga suka rasa jeruk boleh diganti dengan vla vanili atau dapat juga diberi selai buah sesuai kesukaan. Terus untuk taburannya ga harus pake coklat parut tapi bisa pake keju parut, meises atau yang lainnya. Dan kalo di rumah ga ada ampas jus wortel boleh menggunakan 1 buah wortel sebanyak 100 gram. Gampang kan...

Bolu Kukus Wortel Tabur Coklat
Resep Oleh Dewi Rosanti 

Bahan:
130 gr tepung beras
20 gr tepung ketan putih
100 gr ampas jus wortel, dikukus dulu
130 gr gula pasir
100 ml minyak goreng
3 butir telur
3 sdm susu kental manis
sedikit garam

Bahan Vla Jeruk:
250 ml susu tawar (1 sachet susu bubuk yang isinya 27 gr + 250 ml air)
30 gr tepung maizena
3 sdm gula pasir
4 sdm air jeruk sunkist
1 sdt parutan kulit jeruk sunkist
1 kuning telur, kocok lepas
sedikit garam

Cara Membuat:
  • Siapkan loyang bundar yang dioles dengan margarin lalu alasi dasar loyang dengan kertas roti tanpa dioles margarin. 
  • Panaskan dandang terlebih dahulu dengan tutup dibungkus pake kain serbet. 
  • Blender sebentar ampas jus wortel kukus hingga halus bersama minyak goreng dan susu. 
  • Kocok telur , gula pasir dan garam hingga lembut dan mengembang. 
  • Masukkan tepung beras dan tepung ketan sambil diayak lalu diaduk rata dengan menggunakan spatula. Kemudian masukkan wortel halus. Aduk sampai tercampur rata dengan spatula. 
  • Tuang ke dalam loyang bundar lalu kukus hingga matang kurang lebih 30 menit. 
  • Angkat dan biarkan cake dingin. Keluarkan cake dari loyang lalu buang kertasnya. 
  • Topping: Campur susu cair, gula pasir, air jeruk, garam, parutan kulit jeruk dan tepung maizena dalam wadah. Aduk rata. Masak diatas api sedang hingga mendidih. Angkat. Kocok lepas kuning telur. Larutkan dengan sedikit adonan susu panas hingga tercampur rata. Tuang kembali larutan kuning telur ke dalam adonan susu yang telah mendidih. Aduk rata. Masak lagi hingga mendidih dan meletup-letup sambil terus diaduk sampai kekentalan yang diinginkan. Tuang panas-panas adonan vla diatas cake sedikit demi sedikit dengan memakai sendok. Kemudian ratakan dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin beri atasnya dengan parutan coklat.


1 komentar:

  1. Dear mba Dewi, waaah saya senang sekali nih nemu blog mba Dewi, ada beberapa cake gluten free, kebetulan saya kemarin habis beli tepung beras, sayang aja kalau ga dipakai, search digoogle diarahkan kesini. Karena dirumah juga ada wortel, pilihan saya ke cake ini, cuma vla jeruk dan cokelat serutnya saya ganti dengan keju.
    Saya dan keluarga suka banget rasanya, enak, lembut, ga bau langu khas wortel malah berganti dengan rasa legit, kebetulan juga saya bawain tante suami yang habis kemo, beliau sukaaa. Makasih banget resepnya yaaa.
    sekalian ijin posting resepnya diblog saya yaa mba Dewi, sumbernya tentu disertakan. Sekali lagi makasih banyak.

    BalasHapus